Final Project Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)
Nama : Yusuf Hasan Nazila
NRP : 5025211225
PBKK A
Final Project Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (A)
Paper Referensi : Penjualan Sayur
Github : Github FP
- Buatlah deskribsi studi kasus aplikasi ditinjau dari MVC nya(individu)
- Buatlah rancangan umum arsitektur atau fitur yang ada dalam aplikasi (individu)
- Rancang desain databasenya (individu)
- Buat desain front end (individu)
- Tentukan Control yang akan mengandle logika back end. (individu)
- Implementasikan rancangan yang sudah dibuat menggunakan Framework NET, CI ataupun Framework Google (pilih salah satu - bisa kelompok maks 3)
- Buat video presentasinya, upload di youtube, dan didokumentasikan di blog.
- Pengumpulan terakhir 16 Des 2023 pukul 08.00 , di dokumentasi di blog masing-masing, dan mengisi lembar monitoring dengan judul "Final Project Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja". Tidak lupa membuat koment link pekerjaan di halaman post ini.
Jawaban
## 1. Deskripsi Studi Kasus Aplikasi Ditinjau dari MVC (Model-View-Controller)
Model:
- Model bertanggung jawab untuk mengelola dan memanipulasi data. Dalam konteks e-commerce, model akan mencakup entitas seperti produk, pelanggan, pemesanan, dan stok.
- Setiap entitas akan memiliki atribut dan metode untuk berinteraksi dengan database, seperti menambahkan produk baru, memperbarui stok, atau mengelola informasi pelanggan.
View:
- View adalah representasi dari data yang ditampilkan kepada pengguna. Pada aplikasi e-commerce, view mencakup halaman login, dashboard admin, dashboard pelanggan, halaman produk, keranjang belanja, dan halaman pembayaran.
- Tampilan akan menampilkan informasi yang berasal dari model dan menanggapi tindakan pengguna, seperti menekan tombol "Beli" atau "Checkout".
Controller:
- Controller bertanggung jawab untuk mengelola alur kerja dan mengatur interaksi antara model dan view. Pada aplikasi e-commerce, controller akan menangani proses login, pendaftaran, penambahan produk ke keranjang, checkout, dan pemrosesan pesanan.
- Controller juga dapat mengatur validasi input, autentikasi pengguna, dan logika bisnis lainnya.
Dengan menggunakan pendekatan MVC, aplikasi e-commerce dapat diorganisir dengan baik, memungkinkan pemisahan tugas antara komponen-komponennya dan memudahkan pemeliharaan dan pengembangan lebih lanjut.
## 2. Buatlah rancangan umum arsitektur atau fitur yang ada dalam aplikasi (individu)
1) Halaman Masuk (Login) dan Pendaftaran (Registration):
Autentikasi Pengguna:
- Pengguna terbagi antara admin dan pelanggan dengan sistem login yang aman.
- Validasi input dan perlindungan keamanan tingkat tinggi, seperti hashing password.
Pendaftaran Pengguna Baru:
- Pemisahan antara admin dan pelanggan untuk proses pendaftaran yang sesuai.
- Formulir pendaftaran untuk pelanggan baru dengan verifikasi email.
2) Dashboard Admin dan Customer:
1. Dashboard Admin:
- Grafik dan statistik visual tentang penjualan dan performa produk.
- Ringkasan pemesanan, pengelolaan stok produk, dan informasi laporan penjualan.
2. Dashboard Customer:
- Status pemesanan terkini dan riwayat pembelian.
- Rekomendasi produk berdasarkan riwayat pembelian.
- Menampilkan Semua produk dan dapat di cari melalui metode pencarian maupun filter
3) Manajemen Produk:
1. Tambah Produk:
- Formulir untuk menambahkan produk baru dengan informasi seperti nama, deskripsi, harga, dan gambar produk.
- Pilihan untuk mengunggah gambar produk dengan validasi tipe file dan ukuran.
2. Edit Produk:
- Fasilitas untuk mengubah detail produk yang ada, termasuk harga, stok, atau deskripsi.
- Riwayat perubahan produk untuk jejak audit.
3. Hapus Produk:
-Proses penghapusan produk dengan konfirmasi untuk mencegah penghapusan tidak disengaja.
4) Pemesanan dan Konfirmasi Pesanan:
1. Pemesanan oleh Pelanggan:
- Keranjang belanja interaktif untuk menambah, mengedit, atau menghapus item.
- Proses checkout dengan pilihan pengiriman dan pembayaran.
2. Konfirmasi Pesanan oleh Admin:
- Notifikasi untuk admin ketika ada pemesanan baru.
- Pemrosesan pesanan dengan verifikasi stok dan persiapan pengiriman.
5) Halaman Keranjang Belanja:
1. Lihat dan Kelola Keranjang Belanja:
- Tampilan yang jelas tentang item dalam keranjang dan total harga.
- Pilihan untuk mengubah jumlah atau menghapus item sebelum checkout.
2. Perhitungan Otomatis Total Harga:
- Sistem yang menghitung total harga secara otomatis berdasarkan item dalam keranjang
6) Halaman Pembayaran:
1. Lihat dan Kelola Belanja:
- Tampilan yang jelas tentang item dalam keranjang dan total harga.
- Metode Pembayaran yang mudah dan banyak metode
- Dengan Visual yang simple mempermudah pengguna untuk memilih pembayaran
2. Sinkronisasi Pembayaran Cepat
- Dengan adanya virtual account user dipermudah untuk pembayaran
7) Riwayat Pembelian
- Histori Transaksi : Histori setelah melakukan transaksi
- Notifikasi dan Pengingat Menerima pemberitahuan terkait Pembelian yang telah mereka pesan dan informasi penting terkait transaksi.
##3. Rancang desain databasenya (individu)
#4. Buat desain front end (individu)
Login Page Admin and User
Home page User
Detail Product
Pembayaran
Keranjang
Controller yang akan Handle Backend:
1. LoginController:
- HandleLogin: mengelola proses login, termasuk verifikasi kredensial dan inisialisasi sesi user
- HandleLogout: mengatur proses logout, termasuk pembatan sesi user
2. DashboardController:
- RetrieveDashboardData: mengambil data yang relevan untuk ditampilkan pada dashboard, seperti daftar agenda
3. AdminController:
- Create: mengelola barang baru, termasuk validasi data dan penyimpanan ke database
- Update: mengatur pembaruan barang yang ada, deskripsi, atau detail lainnya
- Delete: menangani penghapusan barang dari sistem
4. HomeController
- Untuk mengatur home
##6 Implementasikan rancangan yang sudah dibuat menggunakan Framework NET, CI ataupun Framework Google (pilih salah satu - bisa kelompok maks 3)
Github : Github
Komentar
Posting Komentar